Toko Al-Quran Online
Parenting

30 Cara Kreatif Ibadah Mudah Ceria

“Beratnya pembelajaran shalat dan puasa bagi anak, justru berpotensi menumbuhkan kebencian anak terhadap Islam. Itu sebabnya orang tua dan pendidik harus berhati-hati dalam mengajarkannya. Serius mencarikan solusinya dengan memelajari cara-cara mengajarkan shalat yang menyenangkan bagi anak…”

Ibadah = tersiksa? NO way!
Jika kita cermati, ketentuan-ketentuan ibadah yang harus dipelajari anak-anak sangatlah berat. Coba kita bayangkan perasaan anak-anak kita, apakah yang ada dalam pikiran mereka ketika diharuskan jungkar-jungkir melakukan gerakan shalat tanpa bisa meraakan manfaatnya.

Apa enaknya bagi mereka, coba?

Diharuskan diam, tidak diperbolehkan bersuara ataupun bergerak bebas. Harus menunggu bacaan imam yang mereka tak tahu apa maksudnya. Jika orang tua tak mampu menghadirkan suasana shalat yang menyenangkan anak, tentu yang diperoleh anak hanyalah keenganan dan kebencian.

Beratnya pembelajaran shalat dan puasa bagi anak, justru berpotensi menumbuhkan kebencian anak terhadap Islam. Itu sebabnya orang tua dan pendidik harus berhati-hati dalam mengajarkannya. Serius mencarikan solusinya dengan memelajari cara-cara mengajarkan shalat yang menyenangkan bagi anak.

Begitu juga dengan puasa, yang dilakukan sebulan penuh di Bulan Ramadhan sama sekali bukan sesuatu yang bisa dilakukan anak dengan ringan. Begitu beratnya, bahkan menimbulkan kecenderungan anak untuk berbohong menyembunyikan pembatalan-pembatalan puasa yang sebenarnya telah mereka lakukan diam-diam. Ketika orang tua memilih cara keras mengajarkan puasa kepada anak, maka yang dihasilkan justru anak yang pandai berbohong.

Tentu tidak gampang menyuguhkan suasana gembira kepada anak-anak yang menyertai pembelajaran ibadah mereka. Buku 30 Cara Kreatif Ibadah Mudah Ceria ini, mencoba membantu menggali ide-ide tersebut.  Ini hanya sebagai ‘trigger’ bagi Anda agar selanjutnya Anda dengan lancar menghasilkan ide-ide berikutnya yang lebih kreatif, lebih menarik dan lebih sesuai dengan karakter anak dan keluarga Anda sendiri

Penulis : Irawati Istadi
Penerbit : Pustaka Inti
Tahun Terbit : 2007
Tebal : xxvi + 122 Halaman
Ukuran : 17,5 x 14 cm, Soft Cover
Harga : Rp 22,000 19.900

Leave a Reply