Toko Al-Quran Online
Menghafal Al Qur'an, Parenting

Agar Anak Mencintai Al-Qur’an (Buku)

Ingin anak Anda dekat dan senang dengan Al-Qur’an??? Kalau begitu, kami ucapkan Selamat!! Sungguh sebuah niat dan keinginan yang mulia. Namun demikian, sungguh ini bukan pekerjaan yang mudah bagi Anda, apalagi sekarang, apalagi kalau dilakukan hanya dengan sisa-sisa waktu dari Anda, setelah seharian letih bekerja. Tantangan dan saingan yang harus dihadapi begitu banyak dan dahsyat!

Judul : AGAR ANAK MENCINTAI AL-QUR’AN
Penerbit : Pustaka Al-Kautsar
Penulis : Dr. Sa’ad Riyadh
Tebal : 120 hlm
Harga : Rp 20.000 18.000

Siaran TV yang 24 jam dengan beragam tayangannya; Lagu-lagu yang melenakan dan dentuman Musik dari band-band baru yang terus membanjiri tanah air, yang meski kita tidak menyalakan radio atau tapepun tetap saja terdengar dari tetangga atau warung sebelah.

Belum lagi Internet yang sudah hadir di rumah-rumah kita dengan situs-situs jejaring sosialnya yang bisa menyibukkan siapapun termasuk suami ketimbang istrinya atau sebaliknya; playstation yang mewabah hingga ke pelosok kampung terpencil, hingga kita sering mendengar ada anak membolos dari sekolah gara-garanya atau uang SPP beberapa bulan tak terbayarkan karena dipakai bermain dengannya. Belum lagi piranti-piranti canggih yang bisa mengalihkan perhatian anak-anak kita, MP3, MP4, MP5, Ipod, Ipad,dll. Meski tidak semuanya merugikan karena beberapa adalah sarana yang bersifat netral. Sehingga tentunya bisa juga kita manfaatkan sebagai sarana kebaikan, misalnya sarana untuk lebih mendekatkan keluarga kita dengan Al-Qur’an.

Suatu Fakta yang sulit dibantah bahwa lantunan bacaan Al-Qur’an di rumah-rumah umat Islam nyaris tidak lagi terdengar. Apalagi di malam hari. Anak-anak dan para remaja lebih khusyuk menikmati sinetron telenovela dan drama percintaan. Boro-boro, baca Qur’an,bahkan, tidak jarang ibu dan anaknya terlihat berebut remote control TV.Itulah ironi yang terjadi di negeri dengan umat Islam terbesar di dunia.

Selanjutnya kita hanya bisa membayangkan generasi seperti apa yang akan memenuhi negeri ini di masa mendatang. Apakah ‘generasi Idols’, yang berebut untuk menjadi idola dan superstar? atau ‘generasi selebriti’, yang bergaya hidup hedonis meski ekonomi pas-pasan?  ataukah generasi yang waktunya disibukkan untuk mengikuti audisi-audisi pencari bakat agar menjadi orang kaya dan terkenal? atau ‘generasi putus asa’ karena merasa tidak memiliki apa-apa yang bisa membuat orang menoleh pada mereka?.

Sebelum semuanya terlambat, sesegera mungkin Kita sebagai orang tua harus menyadari dan memberikan porsi utama dari waktu kita untuk belajar bagaimana membimbing anak-anak kita agar menjadi  generasi pencinta Al-Qur’an. Rindu rasanya hati ini, ketika membaca kisah-kisah para ulama terdahulu, yang walaupun belum ada listrik, hanya temaram pelita, tapi lantunan bacaan Qur’an dari mulut-mulut setiap penghuni rumah tersebut bagai suara lebah yang memenuhi rumah-rumah mereka. Rindu dan ingin untuk bisa menghadirkan kebiasaan ini di rumah-rumah kita.

Lewat buku yang ditulis dengan bahasa yang sangat sederhana dan mudah difahami ini, Anda akan mempelajari metode terbaik mengajarkan Al-Qur’an kepada anak-anak; langkah-langkah apa saja yang perlu ditempuh untuk merangsang anak-anak mencintai Al-Qur’an; Sarana apa saja yang paling baik digunakan untuk membuat anak-anak agar dapat menghafal Al-Qur’an; Apa saja hambatan dan rintangan yang biasanya terjadi saat mendidik anak dengan Al-Qur’an dan bagaimana cara pemecahannya; bagaimana cara menguji sejauh mana kecintaan anak kepada Al-Qur’an dan banyak lagi hal-hal lain yang berkaitan dengan kemampuan pendidik untuk menanamkan kecintaan anak-anak terhadap kalamullah ini sehingga mereka mau menghafalkannya.

Pasal Pertama
Kemampuan Mendidik dan Kaitannya dengan Keharmonisan antara Anak dan Al-Qur’an

Pasal Kedua
Bagaimana Kita Menjadikan Al-Qur’an Dicintai Anak Pada Usia Dini

Pasal Ketiga
Bagaimana Kita Menjadikan Al-Qur’an Dicintai Anak Pada Usia Dini (6-12 tahun)

Pasal Keempat
Bagaimana Menjadikan Al-Qur’an Dicintai Anak-anak Pada Usia Dewasa

Leave a Reply