Toko Al-Quran Online
Tilawah Al-Quran

Berapa Kali Sebaiknya Khatam Al-Quran di Bulan Ramadhan?

Ramadhan adalah Syahrul Quran, bulan Al-Quran. Sejak pagi sebelum sahur hingga malam sebelum tidur tilawah Al-Quran mudah kita temui. Dan kitapun juga giat mengkhatamkan Al-Quran selama bulan suci ini. Mengkhatamkan berapa kali? Ada yang sekali khatam, ada yang hingga dua kali. Ada baiknya kita tengok seberapa para ulama khatam Al-Quran saat Ramadhan.

Inilah Kisah Para Ulama Khatam Al Quran di Ramadhan

  • Imam Al-aswad bin Yazid dulu mengkhatamkan membaca Al-Quran setiap enam malam, dan bila Ramadhan mengkhatamkan Al-Quran setiap dua malam.
  • Imam Said bin Jubair juga mengkhatamkan tilawah Al-Quran dalam dua malam ketika Ramadhan.
  • Imam Qatadah as-Sadusi biasa mengkhatamkan tilawah dalam satu pekan dan setiap tiga malam bila Ramadhan, dan khusus sepuluh hari terakhir khatam sekali di tiap malam.
  • Imam Bukhari selama bulan Ramadhan mengkhatamkan Al-Quran sekali di waktu siang dan setelah tarawih membaca Al-Quran dan khatam setiap tiga malam.
  • Imam Asy-Syafi’i menurut muridnya, Imam Ar-Rabi’ bin Sulaiman, biasa khatam Al-Quran sebanyak 30 kali setiap bulan dan 60 kali pada bulan Ramadhan.

Bila kita telusuri kisah para ulama tersebut dalam membaca Al-Quran seolah jauh dari logika kita saat ini. Tapi memang demikianlah para ulama mengisi Ramadhan mereka penuh dengan ibadah yang istimewa.

Imam Malik bin Anas bila Ramadhan tiba seolah lari meninggalkan majelis-majelis ilmu dan taklim hadits agar bisa secara total membaca Al-Quran. Imam Sufyan Ats-Tsauri juga meninggalkan interaksi dengan banyak orang bila Ramadhan datang untuk fokus dengan tilawah Al-Quran

 

Berapa Kali Anda Khatam Al-Quran Saat Ramadhan?

Dari beberapa riwayat ulama diatas bisa kita lihat diantara ulama tersebut mengkhatamkan Al-Quran 2 hingga 3 kali lebih sering saat Ramadhan dibanding di luar Ramadhan. Jadi bila Anda terbiasa mengkhatamkan Al-Quran sebulan sekali di luar Ramadhan, maka saat Ramadhan Anda Anda bisa mengkhatamkan Al-Quran hingga 3x atau lebih.

Bagaimana bila di luar Ramadhan masih jarang baca Al-Quran? Tentu sebaiknya bisa tetap berupaya mengkhatamkan tilawah Al-Quran setidaknya sekali mengingat begitu utamanya ibadah tiawah Al-Quran di bulan Ramadhan ini.

Cara Khatam Al-Quran

Ada banyak tips agar tilawah kita bisa tepat mengkhatamkan Al-Quran dalam sebulan. Bacalah 2 lembar (4 halaman) Al-Quran setiap habis sholat wajib 5 waktu. Bila ingin mengkhatamkan dua kali maka setiap habis sholat fardhu membaca 4 lembar Al-Quran. Demikian seterusnya tinggal mengalikan jumlah lembarnya. Ada juga yang tidak mentarget lembar, tapi dia manfaatkat sesempat apapun waktu yang ada untuk membaca Al-Quran. Anda bisa memilih mana yang lebih sesuai.

Dan kinipun banyak Al-Quran digital yang bisa diinstal di perangkat mobile yang selalu kita bawa. Saat tilawah dengan Al-Quran digital kita bisa menandai akhir ayat yang dibaca dengan bookmark untuk kemudian dilanjutkan kembali pada kesempatan berikutnya.

Jadi berapa target khatam Al-Quran Anda di Ramadhan ini?

 

 

Leave a Reply