Toko Al-Quran Online
Artikel

Membuat Grup ODOJ (One Day One Juz) Membaca Al-Quran

Belakangan ini marak adanya Grup Membaca Al-Quran 1 juz setiap hari. Grup ini populer dengan nama ODOJ kependekan dari One Day One Juz. Seperti apa Grup ODOJ ini dan bagaimana memulai membentuk grup ODOJ ini akan diulas dalam tulisan ini.

Pembentukan Grup ODOJ ini berangkat dari hadits yang diriwayatkan oleh Imam Bukhari: “… dan bacalah (khatamkanlah) Alquran dalam sebulan”. Juga sebuah kesadaran bahwa perlu ada komunitas khusus untuk bisa saling mengingatkan dan menjaga agar bisa mengkhatamkan Al-Quran dalam 1 bulan.

tilawah-dimanapun
Tilawah One Day One Juz – Kapanpun Dimanapun

Bila Al-Quran yang 30 juz diselesaikan membacanya dalam sebulan yang 30 hari maka 1 hari 1 juz adalah cara yang tepat dan memudahkan untuk mengkhatamkan tilawah Al-Quran dalam sebulan. Bentuk Grup dipilih karena mudah untuk dibuat menggunakan layanan messenger seperti BBM ataupun WhatsApp.

Peserta dalam sebuah Grup ODOJ idealnya 30 orang. Bisa berasal dari suatu jamaah pengajian, tetangga rumah, teman sekantor ataupun yang tidak saling kenal karena awal pembentukannya diumumkan secara terbuka di media online.

Beberapa kantor juga membenuk Grup ODOJ sebagai salah satu bentuk pembinaan bagi karyawannya. Dengan rutin membaca Al Qur’an diharapkan karyawan menjadi pribadi yang stabil, sehat dan percaya diri.

Anda juga ingin membentuk Grup ODOJ untuk komunitas Anda sendiri? Berikut ketentuan atau aturan main yang diambil dari salah satu Grup ODOJ. Anda bisa memodifikasinya sesuai kebutuhan.

Ketentuan ODOJ (dari salah satu grup) adalah sbb:

  1. Kegiatan Tilawah ODOJ dikoordinasikan oleh seorang admin.
  2. Admin bertugas menentukan nomer juz yang akan dibaca oleh masing-masing anggota.
  3. Setiap anggota akan mendapat 1 juz tilawah yang ditentukan oleh admin dan berurut juz untuk hari berikutnya. Contoh: bila hari 10 mendapat Juz 10 maka besoknya akan berlanjut ke Juz 11 dst. Ketentuan ini mungkin berubah bila ada perubahan jumlah anggota.
  4. Jika sedang haid melapor ke grup di pagi hari (atau segera setelah haid datang) agar jatah tilawahnya dapat dilelang ke anggota lain.
  5. Bagi yang telah menyelesaikan jatah juznya segera melapor ke admin, lalu berlomba-lomba mengambil juz lelangan.
  6. Batas laporan DONE adalah sebelum pukul 20.30. Jika ada anggota Grup ODOJ yang belum laporan/belum selesai tilawah 1 juz, maka sisa halaman akan dilelang ke anggota grup. Anggota grup yg mampu menyelesaikannya bisa segera konfirmasi.
  7. Pukul 21.30 diharapkan semua juz sudah DONE.
  8. Admin akan menyampaikan rekapan laporan ke grup dengan format yang telah ditentukan.
  9. Anggota yang sedang di Juz 30 jangan lupa membaca doa khatam AlQuran
  10. Jatah tilawah hari berikutnya dapat dimulai malam itu juga setelah semua juz DONE di grup.

Anda sudah punya Grup ODOJ sendiri? Silakan sharing melalui komentar di bawah ini. InsyaAllah berguna bagi pembaca lainnya. Selamat ber-odoj, insyaAllah tiap hari setiap ODOJers akan merasakan sensasi luar biasa dari interaksi dengan Al-Quran.

 

Bergabung dengan ODOJ

Bila Anda berminat menjadi Odojer tanpa ingin membuat grup sendiri, silakan mendaftar disini: Registrasi One Day One Juz.

9 thoughts on “Membuat Grup ODOJ (One Day One Juz) Membaca Al-Quran

  1. Alhamdulillah, semoga ODOJ bermanfaat dan menjadi solusi utama mendekatkan diri kepada Allah dan juga berinteraksi dgn masyarakat.

  2. Alhamdulillah terasa nikmat setelah bergabung di ODOJ531, sebelumnya susah baca quran 1 hari satu juz….sekarang terasa ringan, karena termotivasi…
    Salam buat ODOJer semua

  3. aku kemarin ikutan grup odoj. jumlah anggotanya sudah 30 orang tpi aku belum dapet konfirmasi dari admin nya. padahal aku udah ngk sabar pengen tilawah.
    gimana donk ini? aku mau udah daftar lg udah gk bsa karna nomer yg aq gunakan sudah terdatar..

Leave a Reply