Benarkah Tadarus Al-Quran Termasuk Sunnah Nabi di Bulan Ramadhan?

Saat tiba bulan Ramadhan ramai diselenggarakan tadarus Al-Quran di masjid-masjid dan musholla. Bahkan banyak juga yang mengadakan tadarus di tempat lain seperti di kantor, studio siaran radio atau televisi, juga tadarus on the road di jalan-jalan, dan lainnya. Apakah tadarus Al-Quran di bulan Ramadhan ini sunnah Nabi?

Bertadarus Al-Quran selama bulan Ramadhan termasuk kebiasaan yang dilakukan Rasulullah SAW. Bukhari dan Muslim meriwayatkan dari Ibnu Abbas bahwa Rasulullah adalah orang yang paling dermawan. Kedermawanan berliau meningkat pada bulan Ramadhan, yaitu ketika Jibril menemui beliau setiap malam Ramadhan dan bertadarus Al-Quran bersamanya.

Ibnu Abbas meriwayatkan:

Hadits Tadarus Al-Quran saat Ramadhan

“Rasul Allah SAW merupakan orang yang paling dermawan, di mana kedermawananya lebih banyak pada bulan Ramadhan, ketika Jibril menemuinya pada tiap-tiap malam, lalu bertadarus Al-Quran. Kedermawanan Rasul Allah lebih kencang dari tiupan angin.” (HR Bukhari)

Arti Tadarus Al-Quran

Secara bahasa tadarus artinya saling mempelajari. Bukan namanya bertadarus kalau yang membaca Al-Quran tersebut hanya seorang saja . Minimal dua orang, seorang membaca Al-Quran secara cermat dan tahsin, sedang seorang lagi menyimak dengan penuh perhatian.

 

Referensi:
Himpunan Tanya Jawab tentang Ramadhan KH. Ali Ya’kub

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *